Kamis, 08 Maret 2012

Artikel


1. Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.
Menurut KBBI, pengertian artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas.

2. Artikel adalah segala jenis tulisan atau karangan yang terbit atau akan diterbitkan di surat kabar atau majalah. Bisa juga yang ditayangkan atau dibacakan di media elektronik.
3. Artikel adalah salah satu karya ilmiah yang memiliki ciri-ciri atau memerlukan syarat-syarat khusus dalam pembuatannya sebagai berikut :

a. Lugas, yaitu penulisan langsung menuju persoalan.
b. Logis, yaitu segala keterangan yang dipaparkan, memiliki dasar dan alasan yang logis (masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya.
c. Tuntas, yaitu masalah dikupas secara mendalam.
d. Obyektif, yaitu keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
e. Cermat, yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
f. Jelas dan padat, yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak bertele-tele.
g. Tidak melibatkan emosi berlebihan, seperti rasa haru, marah, benci atau kagum yang diungkapkan secara berlebihan.
h. Terbuka dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.
i. Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui.

Tujuan penulisan artikel :
1. Tujuan Penugasan
Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
2. Tujuan Informasi
Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
3. Tujuan Persuasi (membujuk)
Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
4. Tujuan Entertainment
Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
5. Tujuan Eksistensi
Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.
6. Tujuan Kreatif
Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.
7. Tujuan Pemecahan masalah
Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.
Contoh Artikel
blackberry diblokir, facebook ditutup!

Beberapa hari ini muncul kabar layanan facebook bakal ditutup bulan maret nanti. Dari blog yang menulis tentang itu disebutkan, pemilik facebook yaitu Zuckerberg, sudah bosan mengurus facebook yang sekarang penggunanya sudah lebih dari setengah miliar.
Berita itu jelas sangat aneh. Tahun lalu, Zuckerberg dinobatkan sebagai “person of The Year 2010″ oleh majalah Time karena keberhasilannya mengembangkan Facebook. Selain itu, akhir tahun lalu, Goldman Sach juga menjadi investor Facebook sehingga melambungkan nilainya menjadi $50 miliar dolar. Jadi yang bener aja kalo facebook mau ditutup?
Nah, kalau layanan BB alias blackberry bakal ditutup ini sih cerita lama dengan episode baru. Sekarang, konon yang disoal karena BB bandel yang tidak mau memblokir situs porno. Dulu karena RIM tidak punya kantor di Jakarta. Dan besok-besok, sepertinya masih ada lagi ancaman-ancaman lainnya.
Kenapa blackberry diancam ditutup? Apa karena mereka belum memberi upeti sama pejabat di jakarta? Ya, silakan cari jawabannya di BBM anda masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar