Kamis, 08 Maret 2012

Pengertian dan Definisi Artikel



Masyarakat luas menganggap semua tulisan di media cetak (koran, majalah, tabloid, buletin, jurnal, dan news letter) sebagai artikel. Dalam dunia jurnalistik, biasanya artikel hanya menyangkut satu pokok permasalahan dengan sudut pandang hanya dari satu disiplin ilmu. Tehnik penulisan artikel di  dunia jurnalistik lazimnya menggunakan tehnik deduktif - induktif atau sebaliknya.


Selain menganggap semua tulisan di media cetak sebagai artikel, biasanya masyarakat juga tidak bisa membedakan antara artikel, opini, dan kolom. Padahal ketiga jenis tulisan tersebut berbeda. Opini biasanya lebih mengutamakan pendapat pribadi (buah pikiran) si penulis. Sementara kolom adalah artikel, opini, esai atau tulisan lain oleh penulis tetap, yang diberi ruang (rubrik) yang tetap pula.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang arti  artikel, berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian dari artikel:



# Artikel adalah karya tulis lengkap di majalah atau surat kabar. Artikel dalam surat kabar biasanya membahas suatu hal secara terperinci


# Artikel adalah tulisan pendek yang berisi tentang segala hal seperti pengetahuan, pendidikan, komputer, bisnis dan sebagainya



# Artikel adalah salah satu bentuk tulisan nonfiksi berisi fakta dan data yang disertai sedikit analisis dan opini penulisnya


# Artikel adalah karya tulis lengkap yang dimuat di koran, majalah, atau internet. Misal bila kita menulis tentang tips membina persahabatan dan dimuat di koran atau media lainnya, maka tulisan itu disebut dengan artikel


# Menurut Ichtiar Baru, artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas. Sehingga yang terpenting dalam sebuah artikel adalah isi yang benar dan aktual, susunannya rapi, dan hemat dengan kata-kata


# Menurut kamus besar bahasa Indonesia, artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan sebagainya


# Di dalam The America Heritage Desk Dictionary dkatakan bahwa artikel adalah bagian tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan dan esai

# Dalam Longman Pitman Office Dictionary dikatakan bahwa artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian  bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain


# Dalam Webster's Collegiate Thesaurus diterangkan bahwa artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey




(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)

Pengertian artikel. Arti artikel. Pengertian ilmu pengetahuan bisnis. Definisi artikel. Pengertian prosa. Artikel adalah. Pengertian rubrik.

Pengertian koran. Pengertian makalah. Apa arti artikel. Arti dari artikel. Contoh artikel koran. Pengertian buletin. Pengertian artikel adalah.

Pengertian artikel bahasa indonesia. Pengertian tabloid. Pengertian dan contoh artikel. Defenisi artikel. Arti kliping. Prosa non fiksi. Pengertian artikel jurnal.

Pengertian majalah. Contoh artikel jurnalistik. Pengertian prosa non fiksi. Arti rubrik. Arti artikel dan contohnya. Pengertian opini. Pengertian prosa nonfiksi.

Definisi buletin. Definisi artikel dan contohnya. Definisi rubrik. Pengertian dari artikel. Pengertian non fiksi. Pengertian artikel dan contohnya. Definisi fiksi.

Definisi kliping. Arti artikel adalah. Devinisi artikel. Pengertian artikel konseptual. Pengertian prosa dan contohnya. Definisi majalah. Artikel prosa.

Definisi prosa. Pengertian artikel beserta contohnya. Definisi tabloid. Prosa nonfiksi. Contoh artikel majalah. Pengertian makalah dan artikel. Arti makalah.

Pengertian artikel dan contoh. Contoh news letter. Definisi makalah. Pengertian artikel dalam bahasa indonesia. Artikel resep masakan dalam bahasa inggris. Jenis artikel bahasa indonesia. Contoh artikel konseptual.

Definisi artikel jurnal. Pengertian artikel dan contoh artikel. Definisi koran. Contoh artikel non fiksi. Contoh prosa non fiksi. Pengertian dan ciri ciri artikel. Artikel dan contohnya.

Contoh prosa. Pengertian fiksi. Contoh sebuah artikel. Pengertian rubrik dalam surat kabar. Pengertian%20artikel. Pengertin prosa. Pengertian rubrik koran.

Pengertian artikel dan makalah. Artikel tentang pengertian internet. Apa pengertian artikel. Pengertian artikel menurut kamus besar bahasa indonesia. Contoh artikel di koran. Pengertian artikel menurut kbbi. Definisi ilmu jurnalistik.

Makalah pengertian artikel. Makalah prosa. Pengertian artikel koran. Arti fiksi. Contoh artikel bahasa indonesia. Pengertian tentang artikel. Goo#sclient=psy ab.

Contoh artikel dalam koran. Pengertian artikel dan esai. Artikel jurnalistik. Perbedaan esai dan artikel opini. Pengertian makala dan artikel. Artikel definisi. Artikel pengertian.

Bagian bagian artikel. Pengertian artikel jurnalistik. Prosa non fiksi adalah. Arti prosa. Artikel prosa non fiksi. Pengertian dan contoh opini. Makalah tentang prosa.

Artiartikel. Apa artinya artikel.

1 komentar: